Skiatika atau Nyeri Pinggul Seperti Disengat Listrik

Susterslot-Penyebab penderitanya merasakan nyeri di pinggul seperti disengat listrik atau terbakar yang disebut skiatika ( Sciatica ), dikutip dari dari Mayo Clinic dan "susterslot" situs terpercaya, nyeri skiatika bisa menjalar dari pinggul ke bawah sampai belakang paha dan betis. 

Rasan nyerinya bisa bervariasi dari tingkat ringan hingga nyeri tajam dan bahkan, nyeri bisa bertambah parh saat batuk, bersin atau dalam waktu yang lama. 

Biasanya nyeri skitatika hanya menyerang satu sisi tubuh, Skiatika mengacu pada nyri yang menjalar disepanjang jalur saraf skiatik. Dikutip dari Claveland Clinic dan dirangkum oleh "susterslot.id" saraf sakiatik adalah saraf terpanjang dan paling tebal di tubuh anda yang lebarnya mencapai 2 sentimeter.

Saraf ini merupakan kumpulan saraf yang berasal dari lima akar saraf yang bercabang dari sumsum tulang belakang, kemudian menjalar sampai jari dikedua kaki anda. Dan kondisi tubuh anda yang bisa menyebabkan nyeri pinggul ini meliputi : 

1. Hernia diskus 
atau saraf kecepit, yang mana orana yang berusia 20 hingga 50 tahun paling mungkin mengalami herniasi diskus. 

2. Penyakit diskus degeneratif 
kondisi saat bantalan ditulang belakang mulai terkikis. 

3. Stenosis
Tulang belakang yang terjadi ketika ruang disekitar sum-sum tulang belakang menyebabkan kompresi saraf tulang belakang. 

4. Stenosis foraminal 
yang terjadi saat penyempitan di beberapa bagian tulang belakang menyebabkan kompresi saraf tulang belakang dibawahnya. 

5. Osteotritis 
yang terjadi ketika tulang rawan yang melapisi sendi anda terkikis seiring waktu dan tulang-tulang anda bergesekan satu sama lain saat anda menggunakan sendi yang terkena cidera, kehamilan, tumor, kistam atau pertumbuhan abnormal lainnya, Condus medullas syndrome yang merupakan kerusakan sum-sum tulang yang terjadi akibat cidera pada ruas tulang belakang bagian tengah, dan cauda equina syndrome yang terjadi saat cidera atau herniasi diskus menekan akar saraf bagian bawah sum-sum tulang belakang. 

Banyak kondisi yang menyebabkan nyeri pada pinggul, skiata bisa dipengaruhi oleh banyak faktor juga, yaitu sebagai berikut : 

1.Seiringnya bertambah usia anda bisa mengalami kerusakan tulang belakang. Ini dapat menyebabkan saraf kejepit, herniasi diskus, dan kondisi lain yang akhirnya mengakibatkan sakit nyeri pinggul. kondisi yang berkaitan dengan usia seperti osteoarthritis juga berperan. Orang berusia 20 hingga 50 tahyn paling mungkin mengalami saraf kejepit atau herniasi diskus. 

2.Obesitas Jika anda mengalami obesitas tulang belakang anda akan kesulitan untuk menarik dan menopang tubuh anda agar bisa berdiri tegak. Otot-otot dipunggung anda seperti kerekan dan kabel untuk menarik tubuh agar badan tetap tegak. Semakin berar beban yang anda miliki, semakin banyak otot punggung yang harus bekerja, hal itu dapat menyebabkan ketegangan, nyeri, dan masalah lainnya di punggung. 

3.Pekerjaan Berat dan Sering Duduk Pekerja yang harus mengangkat beban berat hampir setiap hari meningkatkan resiko terkena skiatika, namun pekerjaan yang mengaharuskan duduk dalam waktu yang lama, terutama tanpa topangan punggung yang tepat juga dapat meningkatkan resiko nyeri punggung.  

4.Menderita Diabetes Diabetes tipe 2 meningkatkan resiko neuropati perifer terkait diabetes. kondisi ini merusak saraf, termasuk semua yang dapat menyebabakan atau kontribusi terhadap munculnya nyeri pinggul. 

5. Menggunakan tembakau Penggunaan nikotin dapat memengaruhi sirkulasi dan meningkatkan resiko nyeri kronis, termasuk kondisi seperti pinggul.

Komentar