Hal Yang Bisa Meningkatkan Resiko Anda Alami Pradiabetes

Susterslot-Ada beberapa hal yang bisa membuat anda bersiko mengalami pradiabetes, dan pradiabetes sendiri adalah kondisi ketika kadar gula darah lebih dari normal, tetapi belum mencapai level diabetes tipe2. 

Dari penelusuran "susterslot" dari data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pradiabetes ditunjukan dengan kadar gula darah sewaktu berkisar 140-199 mg/dl dan gula darah puasa berkisar 100-125 mg/dL. Anda akan didiagnosis dibetes jika kadar gula sewaktu lebih dari 200 mg/dl dan gula darah puasa lebih dan sama dengan 126 mg/dL. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, penyebab pradiabetes sama dengan penyebab diabetes tipe2, yang utamanya karena resistansi insulin. Resisten insulin terjadi ketika sel-sel di otot, lemak, dan hati tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk mengatur kadar gula darah.



Selain itu, ada benyak faktor resiko pradiabetes yang harus diwaspadai. Dan dikutip dari WebMD dan "susterslot.id" Anda mungkin terkena pradiabetes, jika anda memiliki hal-hal sebagai berikut: 

- Berusia dari 45 tahun. 
- Memiliki ukuran pinggan lebih besar dari 40 inci (pada pria) dan 35 inci (pada wanita). 
- Makan banyak daging merah dan olahan. 
- Tidak makan cukup buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, atau minyak zaitun. 
- Berasal dari ras kulit hitam, penduduk asli amerika, latin, atau penduduk kepulauan pasifik. 
- Memiliki kolestrol tinggi, tringliserida tinggi, HDL (kolestrol baik) rendah, dan Ld (kolestrol jahat)         tinggi. 
- Tidak berolahraga secara teratur. 
- Ada anggota keluarga keluarga (orang tua atau saudara kandung) yang memiliki riwayat diabetes tipe2. - Menditeksi diabetes gestasional atau melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg. 
- Mengalami sindrom ovarium polikistik, kondisi umum yang menyebabkan menstuarsi tidak teratur        dan gejala lainnya. - Memiliki masalah tidur seperti sleep apnea. 
- Bekerja dengan perubahan shift.



Perlu diketahui bahwa ras dan etnis yang anda miliki bisa meningkatkan resiko pradiabetes, seperti halnya dengan diabetes. Menurut data yang diambil oleh Centers For Disease Control dan Prevention (CDC), pradiabetes mempengaruhi sekitar : 

- 38,6 persen orang dewasa kulit hitam non-Hispanik. 
- 36,8 persen orang dewasa Asia. 
- 35,7 persen orang dewasa kulit putih non-hispanik.
- 34,6 persen orang dewasa (meskipun mereka lebih lebih mungkin di diagnosis menderita diabetes di    bandingkan orang dewasa Asia atau kulit putih). 

CDC juga mencatat bahwa pradiabetes mempengaruhi pria pada tingkat yang sedikit lebih tinggi (41 persen) daripada wanita (32 persen). 

Dari hal yang bisa meningkatkan resiko pradiabetes, sebagian besar dapat anda ubah dan hilangkan, kecuali yang sudah ada sejak lahir, seperti asal ras, usia, dan jenis kelamin anda. Jika prediabetes tidak ditangani dengan benar, akan berkembang manjadi diabetes tipe2. Selanjutnya bisa memicu penyakit jantung, kerusakan saraf, dan komplikasi kesehatan lainnya.

Komentar