Usia Di Atas 40 Tahun Rentan Hipertensi

Susterslot-Bukan kabar baik bila tekanan darah yang konsisten tinggi bagi kesehatan, resiko seseorang mengalami hipertensi akan meningkat seiring bertambahnya usia. Hipertensi memang tidak memiliki gejala, sebagaian orang tanpa sengaja baru mengetahui dirinya mengalami hipertensi saat melakukan pemeriksaan kesehatan atau sebelum menjalani tindakkan medis tertentu. 

Hipertensi memang kebanyakan tidak menimbulkan gejala apapun sampai komplikasi serius sudah dialami, termasuk stroke, serangan jantung atau penyakit ginjal," kata Dr. Hong Rilong, konsultan di National Heart Centre Singapore's Departement of cardiology. 

Secara umum tekanan darah yang optimal tidak melebihi 120/80 mmHg sedangkan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg disebut hipertensi. Resiko mengalami hipertensi meningkat seiring usia, terutama pada orang berusia diatas 40-50 tahun, jelas dokter spisialis jantung Low Lip Ping yang ditelusuri oleh "susterslot" situs terpercaya.



Hal tersebut terjadi karena semakin tua pembuluh darahmakin kaku karena berkurangnya elastisitas dinding pembuluh darah," katanya yang dikutip dari Channelnewsasia dan dirangkum oleh "susterslot.id". 

Dengan pembuluh darah yang kaku tersebut meningkatkan resistensi terhadap pemompaan jantung, menyebabkan jantung berdetak lebih keras dan tekanan darah meningkat serta ada pula faktor genitika. 

Memiliki satu atau dua anggota keluarga dengan tekanan darah tinggi membuat anda dua kali lebih mungkin mengalami hipertensi dan resiko mengalami hipertensi juga lebih tinggi pada pria dibanding wanita terutama sebellum usia 50 tahun. 

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa wanita cenderung memiliki keluaran pompa jantungyang lebih tinggi dan resistensi pembuluh darah yang lebih rendah, sehingga meminimalkan cedera pemebuluh darah," kata DR.Lan Phoon.



Diatas usia 55 tahun resiko wanita mengalami hipertensi akan naik drastis seiring dengan menurunnya resiko kadar estrogen setelah manapouse. Meskipun faktor usia tidak bisa kita rubah, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko mengalami hipertensi. 

Perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk menjaga tekanan tetap normal diantaranya adalah aktifsecara fisik dengan berolahraga minimal 150 menit setiap minggu, serta mengkonsumsi makanan bernutrisi. 

Dan untuk pola makan yang mengandung garam tinggi,gula,lemak jenuh, dan lemak trans, serta makanan berkalori. Menjaga berat badan tetap normal jug sangat penting, kelebihan berat badan akan memberikan ekstra pada jantung dan sirkulasi dan apabila kita sudah terlanjur mengalami tekanan darah tinggi, konsumsi obat penurun darah sesuai dengan anjuran dokter.

Tekanan darah tinggi yang diabaikan kan menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh dan tidak bisa diperbaiki. Oleh kerenanya, pencegahan selalu lebih baik dan Hipertensi secara signifikan berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung. otak dan ginjal, ini menjadi penyebab utama kematian diseluruh dunia.

Komentar