Penyakit Yang Bisa Diobati Dengan Daun Jambu Biji

Susterslot-Kebanyakan orang belum tau kalau daun jambu biji juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dikarenakan daun jambu biji mengandung sederet nutrisi penting, seperti mineral, vitamin, dan senyawa oksidan. 

Dari pantauan "susterslot" daun jambu biji juga dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, direbus, atau diseduh.



Ektrak daun biji juga dapat ditemukan pada beberapa produk suplement kesehatan. Dikutip dari "susterslot.id", beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang bisa diredakan dengan mengonsumsi daun jambu biji : 

1. Diare 
Telah lama dijadikan ramuan tradisional, daun jambu biji berguna untuk mengobati keluhan yang terkait diare, seperti nyeri atau perut melilit, kram, dan kembung, Namun, daun jambu belum terbukti efektif dalam memperpendek durasi buang air besar (BAB) akibat diare. Orang yang diare tetap perlu minum obat dari dokter dan mengembalikan cairan dalam tubuh dengan oralit, air putih, atau minuman dehidrasi lainnya. 

2. Sembelit 
Daun biji diklaim bisa juga dipakai untuk meredakan sembelit atau konstipasi cara menggunakannya yaitu direbus atau diseduh dan tidak hanya diare. 

3. Masalah Kulit 
Daun jambu biji mengandung sifat antiksiodan dan antibakteri yang membantu mengatasi kondisi kulit tertentu seperti jerawat dan selain itu daun jambu biji dapat mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah. Cara menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi masalah kulit yaitu mengoleskan daun yang sudah ditumbuk ke area kulit. Bisa juga dengan rutin minum rebusan daun jambu. 

4. Masalah Gusi
Ringan Berkumur dengan rebusan air daun biji dapat meredakan masalah gusi pada orang yang mengalami gingivitas. Namun tampak tidak mengurangi plak gigi. 

5. Kolestrol Tinggi 
Daun biji dapat mengobati kolestrol tinggi dan berkontribusi pada kesehatan jantung. Dengan melibatkan 120 partisipan dan penilitian yang dilakukan selama 12 minggu telah menunjukan, ektrak daun jambu biji dapat menurunkan kolestrol total hingga 9,9 persen dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sebesar 8 persen. 

6. Diabetes 
Termasuk dalam penyakit yang bisa diredakan dengan mengonsumsi daun jambu biji adalah diabetes,dikarenakan daun jambu biji bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin dan dilansir dari Health sebuah penelitian menunjukan bahwa minum rebusan daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efek ini bertahan hingga 2jam, dan pada studi lain memaparkan bahwa minum teh daun jambu biji efektif mengurangi gula darah setelah makan sampai 10 persen.

Anda akan dapat mengonsumsi rebusan atau ekstrak daun jambu biji setelah mengetahui manfaatnya, akan tetapi pengunaan daun jambu biji tidak ditujukan untuk mengantikan pengobatan yang tengah dijalani. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun jambu biji.

Komentar