Nyeri Tulang Dan Otot , Gejala Kekurangan Vitamin D

Susterslot-Penyebab utama masalah tulang dan otot adalah kekurangan vitamin D,dan vitamin D merupakan salahsatu dari sekian banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Dan dikutip dari Cleveland Clinic dan "susterslot.id" bahwa vitamin D berperan penting dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam darah dan tulang. 

Serta dalam membangun dan memelihara tulang serta vitamin D juga berperan dalam sistem syaraf, sistem muskuloskeletal, dan sistem kekebalan tubuh. Sehingga jika mengalami kekurangan vitamin D (defisiensi vitamin D), anda dapat merasakan nyeri tulang dan otot serta mudah sakit. Namun ada sekitar 1 milliar orang diseluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D.



Dikutip dari "susterslot" dan Healthline, Berikut berbagai gejala yang bisa muncul akibat kekurangan vitamin D : 

1. Sering Sakit dan Terkena Infeksi 
Vitamin D berinteraksi secara langsung dengan sel-sel yang berperan untuk mengatasi indfeksi, jika anda sering sakit kadar vitamin D anda yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya. Dari peninjauan pada 2020 menemukan bahwa definisi vitamin D dikaitkan dengan beberapa penyakit akibat infeksi virus, seperti hepatitis, flu, dan covid-19. 

2. Kelelahan 
Beberapa penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan,misalnya studi pada tahun 2019 yang mengamati 480 orang dewasa paruh baya menunjukan bahwa kekurangan vitamin ini dapat memunculkan gejala kelelahan. 

 3. Nyeri Tulang 
Salahsatu gejala kekurangan vitamin D yang umum terjadi adalah nyeri tulang dan punggung itu dikarenakan vitamin D berperan besar untuk menjaga kesehatan tulang. vitamin ini membantu meningkatkan penyerapan kalsium tulang. 

4. Kecemasan dan Depresi 
Gejala difisiensi vitamin ini juga muncul berupa rasa cemas dan depresi, terutama pada orang dewasa paruh baya. 

5. Penyembuhan 
Luka yang Lambat Penyembuhan luka yang lambat setelah operasi atau cidera mungkin juga merupakan tanda anda sangat kekurangan vitamin D. Hal ini mungkin karena vitamin D meningkatkan produksi senyawa yang penting untuk pembentukan kulit baru sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. 

6. Pengeroposan Tulang 
Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang . Kekurangan vitamin D, bisa membuat anda kekurangan kalsium juga, hal ini kemudian bisa menyebabkan munculnya gejala pengeroposan tulang. 

7. Rontok Rambut 
Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa kerontokan rambut bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Secara khusus studi menghubungkan kadar vitamin D yang sangat mungkin muncul. 

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa 71 persen orang dengan nyeri kronis mengalami kekurangan seperti yang dikutip dari Cleveland Clinic, anak-anak dengan kekurangan vitamin ringan bisa saja hanya mengalami gejala otot yang lemah,sakit, atau nyeri, dan bagi orang dewasa mungkin juga bisa dipengaruhi oleh masalah lain terkait kesehatan.







Komentar