Manfaat Minum Rebusan Jahe dan Serai

Susterslot-Biasanya rempah-rempah ini dipakai untuk menyedapkan masakan, Jahe dan serai atau sereh juga sering diolah menjadi rebusan untuk diminum. 

Dengan menkonsumsi jahe dan serai dapat memberi efek positif bagi kesehatan seperti meredakan mual dan masalah pencernaan. 

Namun minum air jahe atau serai berlabihan juga berpotensi menimbulkan efek negatif untuk tubuh. Jahe dan serai direbus menghasilan minuman beraroma jeruk dan memiliki sensasi yang menghangatkan tubuh.



Dan dua bahan alami ini tidak hanya menawarkan kenikmatan dibibir saja, melainkan sederet manfaat untuk kesehatan, yang dirangkum oleh "susterslot" situs terpercaya, sebagai berikut : 

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan 
Manfaat minum rebusan jahe dan serai yang populer adalah meningkatkan kesehatan pencernaan yang dilansir dari liveStrong dan "susterslot.id" air rebusan bisa meringankan mual muntah, asam lambung, kram perut, kembung dan sembelit dan sangat direkomendasikan untuk ibu-ibu hamil dan pasien kanker yang baru saja menjalani kemoterapi. Penelitian menunjukan efektifitas senyawa pada sereh yang bisa mencengah kanker usus besar, akan tetapi masih di perlukan study lanjutan untuk memastikan temuan tersebut. 

2. Efek relaksasi 
Dengan minum air jahe dan serai juga dapat memberikan efek relaksasi, hal ini bisa membantu mengatasi gangguan tidur, seperti insomania sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Manfaat tersebut didapat dari efek sedatif pada serai yang dapat memperbaiki kekebalan tubuh serta zat gingerol di jahe. Efek penenang bisa meredakan kecemasan dan stres. 

3. Mencegah Radikal Bebas 
Rempah jahe dan serai punya senyawa antioksidan, anti-mikroba, serta anti jamur yang bisa mencegah radikal bebas, sekaligus meningkatkan imunitas. 

4. Mengatasi Masalah Kulit 
Minum rebusan serai dan jahe juga berpotensi mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan infeksi jamur dikarenkan jahe dan serai memiliki senyawa anti-inflasi atau anti peradangan dan anti jamur. 

5. Detoksifikasi 
Minum air jahe dan serai dapat mendorong detoksifikasi atau pembuangan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh melalui urine.Namun harus mengimbanginya dengan menambah asupan cairan agar tidak mengalami dehidraasi akibat buang air kecil. 

6. Meringankan Keluhan PMS 
Banyak orang mengeluhkan kram, kembung, atau sakit perut selama PMS atau menjelang menstuarsi dengan mengonsumsi rebusan jahe dan serai keluhan PMS dapat diredakan dengan demikian meskipun rebusan air jahe dan serai memilik potensial untuk kesehatan, tidak disarankan untuk mengkonsumsi berlebihan . 

Dikutip dari sumber terpercaya, ada beberapa efek negatif akibat terlalu banyak minum teh jahe dan serai, sebagai berikut :
 
1. Mengakibatkan iritasi pada pencernaan yang ditandai dengan mulas dan sakit perut 
2. Menganggu efektifitas pengobatan 
3.Mengakibatkan dehidrasi dikarenakan serai dan jahe dapat meningkatkan buang air kecil, sehingga perlu diimbangi dengan menanmbahkan asupan cairan
























Komentar