Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kebanyakan Duduk

Susterslot-Tidak melakukan apapun adalah salahsatu hal yang paling merusak yang kita lakukan pada tubuh kita. 

Kurang bergerak atau gaya hidup sedentari merupakan musuh bagi kesehatan. Dari penelusuran yang dilakukan oleh situs terpercaya "susterslot", bahwa kebiasaan duduk berjam-jam dalam sehari dapat berdampak buruk pada tubuh antara lain karena membuat sirkulasi darah lancar dan berkurangnya fungsi-fungsi organ. Semakin lama duduk per hari, makin tinggi pula resiko kematian dini.



Dikutip dari beberapa sumber terpercaya dan dirangkun oleh "gamesplayyour.com", berikut adalah 7 hal bisa terjadi pada tubuh ketika kita kurang bergerak : 

1. Gangguan Mood 
Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa duduk dalam waktu yang lama perpengaruh signifikan pada kesehatan mental, Jenis gaya hidup sedentari, seperti menonton Tv sambil tiduran disofa, manatap latar gawai berjam-jam, diketahui dapat meningkatkan kecemasan. Hal ini karena menggunakan gawai terlalu lama akan membuat sistem saraf tegang dan memicu kecemasan. Layar juga menganggu waktu tidur malam hingga mood makan tidak stabil. Sebaliknya, gaya hidup aktif seperti rutin berolahraga terbukti bisa meningkatkan rasa bahagia. 

2. Meningkatkan resiko kanker 
Analisa hasil penelitian tahun 2021 mengungkapkan gaya hidup sedentaro secara signifikan meningkatkan resiko sejumlah kanker. Gaya hidup tidak aktif dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan berbagai studi secara konsisten menunjukan prosentase lemak tubuh yang tinggi akan meningkatkan risiko kanker. Inflamasi lokal secara kronik dari lemak tubuh dapat merusak DNA pemicu kanker. Selain itu, kelebihan sel lemak juga memproduksi hormon yang memicu proliferasi sel, proses pertumbuhan dan pembelahan sel secara cepat. 

3. Jadi Pelupa 
Otak kita akan menderita saat kita terlalu banyak duduk dan bermalas-malasan. Dan menurut salahsatu studi yang melibatkan 5.000 orang dewasa diungkapkan, makin lama orang duduk, makin tinggi resikonya terkena demensia. Resiko tersebut terutama dialami oleh mereka yang duduk-duduk lebih dari 10 jam setiap hari. 

 4. Meningkatkan Kadar Gula Darah 
Meski berat badan kita normal, tetapi kadar gula darah tetap bisa tinggi jika kita sehari-hari kurang aktif bergerak. Pada orang yang kadar gulanya sudah termasuk prediabetes, menurunkan 5-7 persen berat badan dan berolahraga 30 menit setiap hari, dapat menghindarkan diri dari diabetes. 

5. Nyeri Punggung 
Duduk selama 4 jam berturut-turut dapat menigkatkan tekanan pada bantalan antar ruas tulang belakang. Tekanan ini lama-lama dapt membuat bagian bantalan menjadi aus sehingga membuat punggung terasa nyeri. 

6. Kehidupan seks redup 
Orang yang jarang bergerak cenderug lebih gemuk sehingga berpengaruh juga pada kehidupan seksual. Pria dengan lingkar pinggang yang lebar (lebih dari 90 cm) beresiko lebih besar mengalami disfungdi ereksi. Selain itu, konsentrasi sel sperma juga bisa ikut berkurang yang tentunya memengaruhi keberhasilan program hamil. 

7.  Gangguan tidur 
kita akan nyenyak tidur habis berolahraga, ini dikarenakan minimal 150 menit setiap minggu bisa memperbaiki kualitas tidur. penelitian juga menunjukan bahwa mereka yang mengalami masalah tidur.

Komentar