Agar Anak Dilahirkan Cerdas , Ibu Hamil Membutuhkan Zat Gizi

Susterslot-Kecerdasan anak di pengaruhi oleh beberapa faktor dan sebagian besar diantaranya sudah berperan sejak masa kehamilan. itu sebabnya persiapan sudah harus dilakukan, bahkan sejak perencanaan kehamilan. 

Dalam beberapa penelitian menunjukan pembentukan otak bayi sudah terbentuk sejak dalam kendungan, perkembangan otak ini sudah dimulai sangat awal dan terus berlanjut sampai sampai bayi lahir dan masa kanak kanak. " Otak manusia 90 persen sudah terbentuk sejak dalam kandungan dan 10 persennya hanya optimalisasi. 

Kalau mau punya anak cerdas dan sehat, semua harus dimulai dalam kandungan. Karena itu harus memberi modal (otak) yang baik,"papar dr.Better Versi Panroi Sp. OG Subsp, K.Fm dalam diskusi media, dalam penelusuran "Susterslot" situs terpercaya. 

Dokter Better mengatakan, nutrisi calon ibu berpegaruh sangat besar terhadap tumbuh kembang otak janin. "Ibarat membangun rumah, agar kokoh dan kuat tentu memerlukan material yang berkualitas. Demikian juga otak zat gizi seperti protein, DHA, Vitamin B, Asam Folat, Zat Besi, dan Vitamin D adalah bahan-bahan yang penting untuk otak janin,"katanya.



Sepanjang kehamilan calon ibu harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari zat gizi makro dan mikro, termasuk karbohidrat protein, lemak, vitamin, dan mineral. Meski demikian, saat ini kualitas makanan banyak orang, termasuk ibu hamil, masih rendah. 

Sehingga menurut dr. Better penting untuk melengkapinya dengan suplemen. Ia mencontohkan anemia karena kekurangan zat besi yang dialami oleh satu dari tiga ibu hamil di Indonesia. Kondisi ini terjadi karena konsumsi protein hewani yang rendah. 

"Padahal zat besi sangat dibutuhkan sejak trimester satu. Ibu hamil yang anemia beresiko tinggi mengalami gangguan plasenta yang bisa berdampak pada berat bayi lahir rendah dan anaknya juga anemia," papar dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Puri indah ini.



Kekurangan zat besi ini menyebabkan rendahnya tingkat kecerdasan pada anak-anak. Demikian pula halnya dengan vitamin D yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan. Kadar vitamin D yang cukup selama kehamilan dan masa kanak-kanak dikaitkan dengan iQ yang lebih tinggi. 

Walaupun Indonesia termasuk negara tropis, tetapi kebanyakan orang kekurangan vitamin ini sehingga tetap perlu ditambah dengan konsumsi suplemen. Menurut dr.Better berbagai zat gizi penting sebenarnya sudah dibutuhkan janin sejak awal konsepsi, dikutipa dari " susterslot.id ".

Oleh karena itu untuk memastikan kesehatan dan pertumbuhan otak bayi optimal, maka gizi ibu harus diperhatikan sejak sebelum kehamilan. Pemeriksaan kesehatan calon pengantin merupakan calon awal untuk menditeksi apakah ada kelainan yang perlu diwaspadai. Selain itu, jika status gizi calon ibu termasuk kurang, bisa diperbaiki dulu pola makannya sehingga siap untuk mengandung.

Komentar