8 Faktor Penyebab Bau Ketiak Yang Berlebihan



Suterslot- Orang merasa tak nyaman atau ngak percaya diri bila kita bau ketiak dan penyebab bau ketiak antara lain adalah keringat yang berlebihan, bakteri, efek makanan dan minuman yang dikonsumsi akibat kebersihan diri yang buruk, serta kondisi medis tertentu, dikutip dari Cleveland Clinic dan "gamesplayyour.com", beberapa penyebab bau ketiak yang berlebihan : 

1. Keringat Berlebihan 
Cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit yang juga kita sebut dengan keringat, keringat sendiri terdiri dari air, gula, ammonia, dan urea dalam kadar sangat kecil. Keringat sebenarnya tidak berbau, namun,bisa mengakibatkan bau badan tak sedap jika terkontaminasi atau bercampur dengan bakteri. 

Keringat juga bisa menyebabkan bau ketiak jika dikeluarkan dari kelenjar Apokrin yang terdapat pada folikel rambut diketiak,selangkangan, dan area kemaluan. Dan kelenjar apokrin diproduksi saart seseorang merasa kepanasan atau stress. keringat ini mengandung lemak dan senyawa lain yang menyebabkan bau jika bercampur dengan bakteri. keringat yang dikeluarkan kelenjar akrin ( yang terdapat diseluruh kulit ) juga bisa menimbulkan bau jika bercampur bakteri. 

2. Efek Bulu Ketiak 
Dengan tidak mencukur bulu ketiak juga akan mengakibatkan bau ketiak yang berlebihan, dikarenakan keringat diketiak diproduksi oleh kelenjar apokrin. Karena itu, maka dianjurkan rutin mencukur bulu ketiak dan menjaga kebersihan pada lipatan tubuh tersebut, dikutip dari beberapa sumber terpercaya dan dirangkum oleh "susterslot" situs terpercaya. 

3. Makanan dan Minuman Yang Di Konsumsi 
Makanan dan Minuman tertentu juga bisa menjadi penyebab bau ketiak. Biasanya, makanan mengandung sulfur yang bisa menjadi pemicu bau ketiak berlebihan dan untuk itu, anda bisa membatasi makanan tinggi sulfur adalah sebagi berikut, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai, brokoli, kubis, asparagus,kenbang kol dan beberapa jenis makanan dan minuman juga bisa menyebabkan produksi keringat berlebihan sehingga membuat bau ketiak. 

Makanan dan minuman tersebut meliputi : makanan pedas, kafein, makanan dan minuman beralkohol, rempah-rempah tertentu seperti jinten dan bubuk kari, Makanan dengan kandungan MSG ( monosodium glutamat ) berlebihan. 

4. Kenaikan Berat Badan 
Dengan bertambahnya berat badan juga bisa menyebabkan bau ketiak yang berlebihan. Hal itu karena saat berat badan naik, lipatan di area ketiak akan bertambah lipatan tersebut dapat menampung keringat dan bakteri sehingga membuat bau kian menyengat. 

5. Kebersihan Diri 
Yang Buruk Kebersihan yang buruk itu seperti jarang mandi, tidak membersihkan lipatan ketiak dangan sabun, dan membiarkannya lembab basahi keringat juga membuat bau tak sedap, itu sebabnya, pastikan kanu membersihkan seluruh bagian ketiak dan area tubuh lainnya dengan sabun atau scrub anti bakteri atau anda juga dapat mengeringkan bulu ketiak dengan pengering rambut bersuhu dingin untuk mencengah ketiak basah sebelum berpakaian. 

6. Bahan Pakaian 
Tertentu Bahan pakaian tertentu yang tidak menyerap keringat dengan baik dapat menyebabkan bau ketiak karena keringat bercampur dengan bakteri dan kotoran salahsatu contoh bahan pakaian penyebab ketiak bau yaitu nilon, poliester, dan satin, untuk mencengah bau ketiak dengan mengenakan baju berbahan katun,sifon, dan linen, yang menyerap keringat. Anda juga bisa menganti pakaian jika ketiak basah berlebihan untuk bau tak sedap. 

7. Hormon 
Perubahan hormon dapat juga dapat menyebabkan bau ketiak sebagai contoh, selama pubertas seseorang akan mengalami lonjakan hormon sehingga kelenjar keringat lebih aktif. Perubahan hormon selama masa kehamilan yang dapat meningkatkan suhu tubuh juga bisa mengakibatkan bau ketiak. Wanita juga bisa memiliki bau ketiak berlebihan selama menjelang menopause atau saat sudah berhenti haid. 

8. Penyakit 
Pada suatu kondisi yang disebut perhidrosis dapat menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak dari umumnya, akibatnya, ia beresiko punya bau ketiak berlebihan. Penyakit medis lain yang bisa yang bisa memicu bau ketiak, termasuk dibetes, hiperteroid,encok, dan infeksi kulit seperti trikomitosis aksilaris. Seseorang yang memiliki bau ketiak yang berlebihan bisa memastikan penyebabnya dengan periksa ke dokter dan mencari tahu perawatan yang sesuai.

Komentar