6 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Dengan Buah Mengkudu

Susterslot-Morinda Citrifolia atau dekenal dengan nama buah mengkudu yang memiliki bau menyengat dan rasa yang pahit. Menurut penelusuran "susterslot" situs terpercaya, bahwa buah tersebut telah lama digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit tertentu.



Dikutip dari beberapa sumber terpercaya dan "susterslot.id", beberapa penyakityang bisa disembuhkan dengan makan mengkudu yaitu Flu, sembelit, hipertensi, kolestrol dan diabetes. Dan berikut ini masalah kesehatan yang dapat diredakan dengan mengkosumsi buah mengkudu, sebagai berikut : 

1. Hipertensi 
Mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi beban pompa jantung,sehingga tekanan darah mengalami penurunan, serta buah ini memiliki kandungan zat aktif Xeronine yang memiliki efek diuretik atau mendorong pengeluaran urine yang membantu mengedalikan tekanan darah. 

2. Flu dan Batuk 
Buah mengkudu yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan fitokimia yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan gejala flu dan batuk. 

3. Peradangan 
Buah mengkudu juga diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengelola peradangan dan mengurangi nyeri pada tubuh, Senyawa aktif pada buah mengkudu yaitu quercetin dan skopoletin dapat menghambat produksi molekul penyebab radang pada tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan pada tubuh. 

4. Gangguan Pencernaan 
Buah mengkudu juga kerap digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, melancarkan buang air besar, dan mendukung organ pencernaan, Buan mengkudu juga memilolo sifat antimikroba untuk menjaga keseimbangan bakteri usus. 

5. Asam Urat 
Dengan memiliki asam urat yang tinggi dapat mengakibatkan serangan gout yang membuat sendi terasa sakit dan mengalami pembengkakan dan dengan mengkonsumsi sebelas jus mengkudu disebut bisa mengurangi nyeri akibat serangan asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi. 

6. Diabetes 
Manfaat buah mengkudu lainnya adalah bisa mengobati penyakit diabetes karena membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan penyerapan glukosa oleh sel, terdapat juga sifat antioksidan buah mengkudu yang melindungi sel beta pankreas, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin, dan selain itu, serat pangan pada mengkudu dapat memperlambat penyerapan dan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa. 

7. Meredakan Sakit 
Akibat Tumor Dalam beberapa studi belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan mengkudu bisa menyebuhkan tumor dan kanker, namun, dikutip dari The National Center for Complementery and Integrative Health, menjelaskan bahwa senyawa anti kanker pada buah mengkudu, seperti ucidin, Alizarin, dan rubiadin, bisa meredakan sakit akibat tumor. 

Buah mengkudu dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai produk menyehatkan seperti, jus buah mengkudu, rebusan mengkudu, salad mengkudu dan ada juga suplemen mengandung buah mengkudu yang mungkin bisa dikonsumsi sesuai resep dari dokter. 

Dan perlu diingat buah mengkudu bisa membantu mengobati penyakit tertentu, anda dianjurkan menghentikan pengobatan medis yang sedang dilakukan. pastikan pula untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan aman tidaknya makan mengkudu untuk mengatasi masalah kesehatan yang dimiliki.

Komentar