3 Cara Mengolah Daun Pepaya Untuk Obat

Susterslot- Dengan memiliki kandungan alami yang bisa mendukung kesehatan daun pepaya bisa diolah menjadi obat, seperti meningkatkan sistem imum dan mengurangi gejala demam berdarah. 

Anda bisa mengolah daun pepaya dengan merebus dan meminum airnya,mengolahnya menjadi makanan, dan menjadikannya jus. 

Dan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya anda dapat menggunakan bahan tambahan lain seperti lemon, gula dan garam, dari penelusuran "susterslot" situs terpercaya.



Dikutip dari vinmec Internasional Hospital dan Only My Health yang dirangkum oleh "susterslot.id" berikut beberapa cara mengolah daun pepaya untuk obat yang bisa di coba dirumah, sebagai berikut : 

1. Merebus Daun Pepaya 
Daun pepaya bisa direbus dengan air untuk kemudian diminum airnya. Yaitu dengan cara membuat rebusan daun pepaya yakni, ambil dua lembar daun pepaya segar dan campurkan dengan 400 ml air kemudian rebus daun pepaya segar selama 10 menit setelah 10 menit ambil daun pepaya dan minum air rebusannya. Air rebusan daun pepaya memiliki rasa yang pahit sehingga anda bisa menambahkan bahan lainnya, seperti madu atau lemon untuk menambah rasa. 

2. Mencampurkan Pada Makanan 
Untuk mencampurkan pada makanan biasanya yang digunakan daun pepaya muda yang secara langsung dicampurkan pada makanan seperti salad. Dengan memotong daun pepaya muda dengan potongan yang kecil dan mencampurkannya pada bahan-bahan yang lain, seperti kangkung, bayam, dan brokoli. Anda juga bisa menggunakan daun pepaya yang agak tua dan mengolahnya sebagai masakan. 

Cara mengolah daun pepaya sebagai masakan sebagai berikut, rebus satu ikat daun pepaya dengan air garam selama 30 menit untuk menghilangkan rasa pahitnya lalu tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan irisan cabai dan masukan daun pepaya yang sudah direbus ke dalam tumisan jika sudah harum.

Memasak daun pepaya merupakan salah satu salah cara yang bisa digunakan jika anda tidak terlalu menyukai rasa pahit dari daun pepaya, namun saran ini tidak terlalu disarankan karena nutrisi daun pepaya berkurang lebih banyak dibandingkan dengan cara merebusnya dan dimimum airnya sehingga kurang efetif jika dijadikan obat. 

3. Membuat Jus Daun Pepaya 
Daun Pepapya bisa diolah seperti jamu dengan menggunakan blender, atau dengan mesin pelumat dan cara membuat jus daun pepaya yaitu, masukan daun pepaya dan air sebanyak 200 ml ke dalam blender, blender daun pepaya dan air hingga halus dan saring untuk menghilangkan rasa seratnya. 

Jamu pepaya tersebut bisa langsung di minum, atau ditam bahkan dengan lemon atau jahe untuk mengurangi rasa pahitnya. Dengan meminum jamu daun pepaya setiap hari umumnya aman dan tidak akan berdampak negatif untuk kesehatan. 

Sangatlah penting untuk memahami bagaimana mengolah daun pepaya dan menggonsumsi daun pepaya secara rutin. Namun, anda tetap dihimbau untuk membatasi jumlahnya atau sebanyak satu hingga dua gelas saja perhari, agar tidak mengalami efek samping tertentu termasuk sakit perut.








Komentar