Virus West Nile Yang Menyebar Melalui Gigitan Nyamuk

Susterslot-Penyebab penyakit saraf dan kematian seseorang dikarenakan infeksi virus West Nile, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),mengatakan bahwa virus ini umumnya ditemukan di Afrika, 
Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Asia Barat. 

Dalam siklus penularannya antara burung dan nyamuk dan manusia dan mamalia lain dapat terinfeksi setelahnya.Virus West Nile (WNV)adalah virus yang menyebar melalui gigitan nyamuk namun burung merupakan inang alami virus ini. 

Dikutip dari beberapa sumber terpercaya dan dirangkum oleh "susterslot" bahwa pada tahun 1937, virus West Nile (WNV) pertama kali ditemukan menginfeksi seorang wanita di distrik West Nile, Uganda. Virus ini diidentifikasi pada burung gagak (gagak dan Columbiformes)di wilayah delta Nil pada tahun 1953.



Nama virus "West Nile" diambil dari distrik West Nile di Uganda. Tempat pertama kali sungai ini terindifikasi. Pada saat itu sekitar 80 persen orang terinfeksi dan tidak menunjukan gejala apa pun. Namun, sekitar 1 dari 5 orang mengalami demam, sakit kepala, nyeri tubuh, dan gejala mirip flu lainnya ( kadang-kadang disebut demam West Nile), seperti yang dikutip dari Cleveland Clinic dan dirangkum oleh "susterslot.id" situs terpercaya.

"Meski jarang terjadi, virus ini bisa menginfeksi sistem syaraf dan mengakibatkan radang otak atau radang sum-sum tulang belakang yang serius(esenfakitis atau meningitis). Virus atau arbovirus yang berasal dari artropoda dan artropoda itu senderi adalah artropoda merupakan kelompok besar yang mencakup serangga. 

Serta virus ini adalah virus RNA (virus yang memiliki RNA sebagai materi genitikanya) dalam genus Flavivirus. virus yang serupa menyebabkan demam berdarah, demam kuning, dan zika. Serta penyebab virus West Nile dengan menginfeksi manusia adalah gigitan nyamuk yang membawa virus.



Dan nyamuk biasanya tertular virus dengan mengigitburung yang terinfeksi (tidak ada bukti bahwa manusia tertular langsung dari burung). Virus berkembang biak didalam tubuh nyamuk, dan menular ke anda (atau hewan lain)saat mengigit anda. 

Dan masa inkubasi (lamanya waktu sebelum anda merasakan gejala) Virus West Nile biasanya dua hingga enam hari setelah digigit, tetapi bisa sampai 14 hari. Dalam beberapa kasus,virus West Nike telah menyebar melalui: orang hamil ke janinnya, air susu manusia, transfusi darah, Transflansi organ. 

Data yang dikutip dari WHO, infeksi virus West Nile bersifat asimtomatik (tanpa gejala) pada sekitar 80 persen orang yang terinfeksi dan sekitar 20 persen virus West Nile akan mengalami gejala ringan maupun parah, sementara itu penyakit ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan ringan berupa demam West Nile dan berupa esenfalitas atau menigitis west Nile, dan gejala demam West Nile meliputi : demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri pada tubuh, mual, muntah, ruam pada kulit, pembengkakan kelenjar getah bening dan gejala infeksi virus West Nile yang parah meliputi : sakit kepala, demam tinggi, leher kaku, pingsan,disorientasi, koma, tremor, kejang, kelemahan otot, kelumpuhan. 

Diperkirakan sekitar 1 dari 150 orang yang terinfeksi virus West Nile akan mengembangkan bentuk penyakit yang lebih parah. Penyakit serius dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia. Orang dengan usia diatas 50 tahun dan beberapa orang dengan gangguan kekebalan tubuh (misalnya transfplansi) berada di resiko tertinggi.

Komentar