Tidak Semua Tentang Mistis, Pulau Kunti di Geopark Ciletuh Sukabumi

Pulau kunti sering dikaitkan dengan mistis sebenarnya itu hanya kebetulan saja nanmanya sama dengan hal-hal mistis, pulau kunti terletak di area Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat yang juga dikenal sebagai geosite utama di Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Pulau kunti memiliki batuan purba berusia sekitar 55-56 juta tahun.

Sebenarnya pulau kunti bukanlah sebuah pulau melainkan sebuah tanjung dengan hamparan pasir putih. Keterangan yang diproleh "susterslot" dari pemandu dari geopark Ciletuh, Saman menerangkan,pulau kunti di hasilkan dari proses subduksi atau juga disebut dengantabrakan yang selanjutnya tersingkap,melipat,dan patah.



Asal muasal pulau kunti berawal dari dulu di zaman puba ada yang namanya sesar (Lempeng) Eurosia di kutub utara yang bergerak ke selatan dan diselatan ada sesar Indo-Australia bergerak ke utara, dan akhirnya subduksi,"jelas Saman bersama "mahakaryatour.id "situs terpercaya. 

Dan nama kunti diprolehdari hasil proses alam yang bergema seperti atau mirip seorang tertawa.Kompleks batu konglomerat ada disebelahnya merupakan sejenis batuan bekas subdiksi yang terjadi dan mengendap didasar laut kemudian terangakat saat gempa tektonik dan disatukan dengan sedimen,'ucap Saman.Bentuknya seperti dam ke bawah. 

Di sisi bawahnya terdapat banyak rongga-rongga kecil dan bila dihantam gelombang empat-lima meter,dia akan mengeluarkan gema mirip orang ketawa, maka dari itu dinamailah pulau Kunti,'tambahnya.



Suara ketawa itulah yang dikaitkan dengan hantu kuntilanak yang kerap disebut mengeluarkan suara tawa melengking.Dan di pulau kunti terdapat gua yang setinggi kira-kira lima meter dan panjang sekitar lima meter. 

Saman menuturkan, gua tersebut terbentuk dari proses alam yang dulunya ada bibir di pantai yang dihantam oleh air laut sehingga ada pemerosotan. "Didalamnya tidak ditemukan batuan stalaktit atau staglamit karena gua kering serta komposit guanya terbentuk dari batu melan, ucap Saman dan pulau kunti bisa dicapai dengan berlayar dari sungai Ciletuh selama kira-kira 20 menit.

wisatawan dapat melakukan snorkelling dan manaiki banana boat serta tracking menjelajahi pulau untuk melihat aneka temuan alam dari zaman dulu. Adapun saman juga menawarkan paket melihat matahari terbit (sunrise) dan wisatawan akan berangkat ke pulau kunti pukul 06.00 WIB pagi menyaksikan sunrise dari balik Curug Simarinjung.

Komentar