Efek Kecanduan Kafein

Susterslot-Mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat mangakibatkan kecanduan kafein, dan efek dari kecanduan kafein dapat mengakibatkan masalah fisik dan prilaku seseorang. 

Penggunaan kafein yang secara berlebihan berbahaya dalam jangka panjang sehingga menimbuklan dampak negatif terhadap kesehatan, Interaksi sosial, dan aspek hidup anda, yang dikutip dari "susterslot" dan dari berbagai sumber terpercaya. 

Kopi, teh, soda, makanan mengandung coklat, dan sumber kafein lainnya dapat menimbulkan ketergantungan yang dapat mengakibatkan perubahan kimia di otak. Mengkonsumsi harian dapat dengan cepat menyebabkan kecanduan kafein, yang ditandai dengan keinginan dan gejala putus zat, jika asupannya dikurangi atau dihentikan.



Mengutip dari Adicction Help dan "susterslot.id", dampak yang bisa muncul akibat kecanduan kafein meliputi berikut : 

1. Pusing atau Gemetaran 
Stimulan alami yang menstimulasi sistem syaraf pusat dan memblokir reseptor adenosin yang mengakibatkan rasa lelah atau dikenal dengan kafein dan mengkonsumsi kadar kafein yang tinggi dapat merangsang syaraf secar berlebihan, mengakibatkan pusing serta gemetar tangan dan tubuh. 

2. Meningkatkan Kecemasan 
Rasa gelisah akibat kafein atau kecemasan berkaitan erat dengan pusing atau gemetar akibat kafein. Serta kecemasan yang meningkat merupakan gejala yang sangat umum dari kecanduan kafein. 

3.Nyeri Dada 
Terkadang Nyeri pada dada dapat muncul bersamaan dengan masalah kecemasan akibat kecanduan kafein, Jika mengkonsumsi kurang dari dua cangkir kopi sebagian orang dengan sensivitas kafein dapat mengalami penurunan aliran darah dan nyeri dada. 

4. Masalah Tidur 
Kesulitan tidur dan insomnia merupakan keluhan umum bagi pengguna kafein. efek dari stimulan yang membuat terjaga setengahnya masih berada dalam tubuh setelah enam jam bahkan mungkin bisa sampai sepuluh jam. Namun, orang yang ketergantungan kafein bisa mengalami masalah tidur, meskipun tidak minum kopi selama sehari. 

5. Detak Jantung Cepat 
Salahsatu cara asupan kafein meningkatkan fokus dan membuat anda merasa lebih waspada adalah dengan meningkatnya detak jantung dan kondisi sudah pasti bisa memperburuk kesehatan seperti kecemasan, pusing, atau gemetar dan bahkan mengakibatkan nyeri dada. 

6.Masalah Perut 
Apabila kita banyak meminum minuman berkafein yang merangsang dan mengencangkan otot-otot yang mempercepat proses pencernaan dan keluhan umum pada peminum kopi adalah sering mengeluhkan seperti diare atau sakit perut, sedangkan yang sering mengkonsumsi minuman berenergi mengalami lebih banyak mengeluhkan pencernaan dan kandungan gula yang berlebihan. 

7. Sering Buang Air Kencing 
Minuman berkafein sering kali bertindak sebagai diuretik ringan. Meskipun sering buang air kecil tampak tidak berbahaya, hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi seiring waktu. 

8. Kesulitan Berkonsentrasi 
Semua makanan dan minuman yang mengandung kafein sudah pasti membantu konsentrasi akan tetapi asupan dalam jumlah besar dapat menimbulkan efek yang sangat buruk dan dengan asupan kafein yang tinggi dapat mengakibatkan peningkatan detak jantung, tekanan daran tinggi, gangguan lambung, yang membuat anda sulit fokus dan dalam kasus sindrom putus kafein,kesulitan konsentrasi adalah gejala yang sangat umum. Demikianlah beberapa efek yang bisa muncul dari kecanduan kafein.

Komentar