Ciri-ciri Asam Lambung Yang Parah

Asam lambung naik atau Gasrtroesophageal Reflux Diases (GERD) adalah suatu kondisi yang dialami seseorang yang mempunyai penyakit asam lambung yang menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman. 

Asam lambung bila dibiarkan tanpa ada penanganan yang baik bisa memperburuk keadaan yang bisa mengakibatkan komplikasi serius. Faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami asam lambung naik, seperti obesitas yang menyebabkan tekanan berlebih pada perut sehingga memicu naiknya asam lambung. 

Perubahan hormonal dann tekanan dari janin dapat meningkatkan resiko gerd pada wanita hamil dan makanan pedas, berlemak,cokelat, kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi dan rokok juga dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah,sehingga asam lambung mudah naik, dikutip dari berita
"susterslot" situs terpercaya.



"susterslot.id" menjelaskan bahwa Stres juga dapat memperburuk gejala asam lamgbung dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri asam lambung yang parah yaitu: 

1. Hartburn yang Kronis dan Parah 
Asam lambung yang parah atau juga disebut heartburn bisa menjadi kronis dan sangat menyakitkan, sering kali menganggu aktifitas sehari-hari dan tidur. Dan Heartburn adalah sensasi terbakar di dada yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. 

2. Regurgitasi Yang Sering 
Kembalinya makanan atau cairan ke mulut dari lambung atau disebut Regurgitasi. Dengan kondisi yang parah maka Regurgitasi bisa terjadi setiap hari yang menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut dan meningkatkan resiko aspirasi atau masuknya cairan kedalam saluran pernapasan. 

3. Nyeri Dada yang Mirip dengan Serangan Jantung 
Nyeri dada yang disebabkan oleh serangan jantung dan nyeri dada yang di sebabkan asam lambung parah sangat mirip dan keadaan ini bisa menyebabkan kebigunggan dan kekhawatiran dan sangat diperlukan evaluasi medis sesegera mugnkin untuk membedakan antara kedua nyeri tersebut. 

4. Disfagia (kesulitan Menelan) 
Kesulitan menelan bisa menjadi signifikan atau disebut Disfagia pada asam lambung yang parah. Penyempitan kerongkongan akibat paparan asam lambung yang berkepanjangan akan menyebabkan penderita asam lambung parah merasakan makanan tersangkut di tenggorokan atau dada. 

5. Batuk kronis dan Masalah Pernapasan 
Masalah pernapasan seperti asma juga dapat diperburuk oleh asam lambung yang sering naik ke kerongkongan dan dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan yang berujung pada batuk kronis, bronkitas, atau bahkan pneumia aspirasi. 

6.  Suara Serak dan Laringitis 
Penderita mungkin perubahan suara suara yang yang persisten terutama di pagi hari apabila asam lambung yang mencapai pita suara dapat menyebabkan suara serak, laringitis ( radang pita suara), dan Sakit tenggorokan kronis. 

7. Kerusakan Gigi 
Beberapa kerusakan yang terjadi bila terpapar asam lambung yang terus menerus seperti merusak enamel gigi, menyebabkan gigi menjadi sensitif dan mudah rusak. ini juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap pada penderita. 

8. Penurunan Berat Badan Yang Tidak Dijelaskan 
Bila seseorang mengalami kesulitan makan yang menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dijelaskan penyebabnya adalah asam lambung yang parah dan ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius seperti gerd yang parah dengan gejala kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas. 
 
9.  Mual dan Muntah Berulang 
Dengan tidak dijelaskan oleh kondisi lain bisa menjadi tanda asam lambung yang parah adalah dengan gejala mual dan muntah berulang kali dan kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit jika tidak ditangani dengan baik.

Komentar