Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Minum Obat

Susterslot-Hiperglikemia atau lebih dikenal dengan gula darah tinggi harus segera diperiksa agar tidak menimbulkan resiko masalah kesehatan yang lebih serius, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah tinggi secara alami seperti membatasi konsumsi karbohidrat, meningkatkan asupan serat, dan berolahraga secara rutin. 

Namun beberapa orang yang memiliki diabetes mungkin masih perlu mengkonsumsi obat atau menggunakan insulin untuk membantu mengatasi gula darah tinggi.



Dikutip dari Healt dan dari situs terpercaya "susterslot" memberikan beberapa cara menurunkan gula darah tanpa minum obat yang bisa anda praktekan di rumah sebagai berikut : 

1. Membatasi Asupan Karbohidrat 
Karbohidrat pada makanan dan minuman akan dipecah menjadi glukosa saat masuk ke tubuh sehingga kadar gula darah meningkat, tidak perlu menghindar sepenuhnya akan tetapi anda harus perlu membatasi sesuai dengan anjuran dokter, seperti aktifitas yang dilakukan dan komposisi tubuh. 

2. Menambahkan Asupan Serat 
Memperlambat proses pencernaan dan penyerapan glukosa di dalam darah sehingga bisa berdampak positif pada penurunan kadar gula darah adalah serat, dengan menambah asupan serat, seperti kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau,secara efektif menurunkan gula darah tinggi. 

3. Makan Dengan Porsi Kecil 
Dengan makan dengan porsi kecil dan dengan frekuensi yang lebih sering bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensivitasa insulin, yang dengan arti hormon insulin bisa bekerja dengan lebih baik untuk mengambil dan menggunakan glukosa di dalam darah. 

4. Minum Air Putih 
Dengan mminum sebanyak delapan gelas perhari tidak hanya akan menghindarkan dari dehidrasi,tetapi juga akan menurunkan kadar gula darah, dikarenakan air putih yang diminum dapat membantu ginjal untuk menyerap kelebihan glukosa didalam datah dan mengeluarkan melalui urine. 

5.Tidur Yang Cukup 
Sangat berdampak negatif pada kadar gula darah di dalam tubuh bila anda kurang tidur dan sebaliknya tidur cukup setidajnya selama tujuh jam setiap malam bisa membantu untuk meyimbangkan kadar gula darah. 

6.Mengurangi Stres 
Dan salah satu lagi yang bisa menyebabkan gula darah tinggi adalah stres sehingga perlu diatasi agar tidak berdampak negatif untuk kesehatan, Anda bisa mengurangi rasa stres dengan melakukan kegiatan relaksasi,seperti yoga dan meditasi. 

7. Mengkonsumsi Probiotik 
Seperti tempe dan yogurt adalah makanan yang kaya akan probiotik,dan sudah terbukti dapat membantu untuk mengatasi gula darah tinggi,bahkan konsumsi manakan tinggi probiotik bisa menurunkan kadar gula darah puasa,HbA1c, dan resistensi insulin pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2. 

8. Berolahraga 
Ketika anda berolahraga kadar gula cenderung akan turun karena tubuh akan lebih sensitif terhadap insulin. Dan untuk menjaga kesehatan, dihimbau untuk berolah raga secara rutin selama 150 menit dalam seminggu,atau setidaknya selama 30 menit sehari selama lima kali seminggu. 

Dengan memahami bagaimana cara menurunkan gula darah tanpa minum obat sangatlah penting sehingga anda bisa menurunkan resiko masalah kesehatan yang lebih serius serta menghindari diagnosis pribadi dan mengkonsumsi obat-obatan yang belum terbukti aman secara medis agar kesehatan tetap terjaga.







Komentar